16 November 2009

Target Indonesia di Sea Games 2011

Indonesia menargetkan menjadi juara umum pesta olahraga tingkat Asia Tenggara SEA Games yang akan diselenggarakan di Indonesia, pada 2011.Sekretaris Menteri Negara Pemuda dan Olahraga, Wafid Muharram, di Jakarta, Sabtu, mengatakan, untuk mencapai target juara umum tersebut Indonesia akan mempersiapkan kontingen SEA Games sekaligus penyelenggaraannya dengan baik dan maksimal.

Dikatakannya, dengan mempersiapkan kontingen yang maksimal dan penyelenggaraan yang baik, Indonesia tidak hanya bisa mencapai juara umum tapi akan dipuji negara-negara peserta SEA Games.

Lokasi penyelenggaraan SEA Games 2011, di empat provinsi yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Sumatera Selatan.

Untuk mempersiapkan kontingen yang maksimal, ujar Wafid, Kantor Menteri Negara Pemuda dan Olahraga (Menegpora) harus bersinergi dengan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) maupun lembaga terkait lainnya di seluruh daerah di Indonesia.

Menurut Wafid, pemerintah pusat melalui Kantor Menegpora akan melakukan penguatan kelembagaan pembinaan atlet di daerah sedangkan Dispora di daerah mempersiapkan pembinaan atletnya.
Penguatan kelembagaan pembinaan atlet, ujar Wafid, seperti di Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLPP), Pusat Pendidikan dan Latihan Mahasiswa (PPLM), dan Sekolah Khusus Olahraga (SKO).

"Pembinaan atlet melalui PPLP, PPLM, dan SKO bisa dipersiapkan untuk SEA Games 2011 maupun even olahraga lainnya untuk jangka panjang," ujar Wafid.
Ia mencontohkan, kejuaraan nasional anggar yang diselenggarakan di Sumatera Selatan baru-baru ini. Hasilnya, atlet-atlet dari PPLP memiliki prestasi yang baik dan bisa mengimbangi prestasi atlet anggar nasional.

Menurut Wafid, Kantor Menegpora optimistis dengan penguatan kelembagaan pembinaan atlet maka prestasi atlet ke depan bisa ditingkatkan.
"Indonesia belum menentukan akan meraih berapa medali emas pada SEA Games 2011 mendatang, tapi sebagai tuan rumah menargetkan menjadi juara umum," ujarnya.
Sedangkan, pada SEA Games di Laos Desember 2009 Indonesia menargetkan di posisi ketiga dan meraih sekitar 60 medali emas.

Related Posts sesuai kategori



0 komentar:

Posting Komentar