13 Juli 2009

Bagaimana Mengatasi Kanker Payudara Sejak Dini


Tak ada seorang wanita yang mau menderita penyakit kanker payudara, termasuk anda. Namun minimnya pengetahuan tentang penyakit ini, membuat kita lengah. Akibatnya bisa fatal dan gawat, maka dari itu sekali waktu anda perlu memeriksa payudara anda untuk untuk menghindari penyakit mengerikan ini.

Dari pemeriksaan itu anda akan dapat mengantisipasi jika ada tanda-tanda aneh dengan payudara anda. Adapun ciri-ciri payudara yang tidak sehat adalah puting tidak simetris, puting tertarik ke dalam, kulit payudara kisut seperti kulit buah jeruk dan keluarnya cairan dari puting.

Untuk lebih mengenal kondisi payudara anda, sering-seringlah melakukan pemeriksaan. Hal ini tidak perlu melakukan jasa dokter ahli, anda bisa juga melakukannya di rumah.
Langkah pemeriksaan Payudara:

Amati

1. Berdiri didepan cermin dan perhatikan satu demi satu payudara anda. Periksa juga: ukuran, bentuk, warna, garis bentuk payudara simetris atau tidak serta warna puting anda.

2. Angkat lengan anda tinggi-tinggi melebihi kepala dan perhatikan payudara dari sisi yang satu ke sisi yang lain. Raba-rabalah dengan lembut.

3. Tekan tangan anda pada pangkal paha dan dorong pundak ke arah depan. Amati satu demi satu payudara anda.

Rasakan

1. Berdiri di depan dan mulailah melakukan pemeriksaan tepat di bawah tulang selangka.

2. Basahi ujung-ujung tangan kiri dengan body lotion. Kemudian tekan lembut payudara sebelah kanan dengan tangan kiri dan buat putaran kecil melingkari payudara dengan gerakan memutar ke seluruh area payudara termsuk puting.

3. Lakukan pemeriksaan ke jaringan-jaringan payudara di bawah ketiak.

4. Lakukan hal yang sama pada payudara sebelah kiri, dengan menggunakan tangan kanan anda.

5. Berbaringlah dan angkat salah satu lengan anda melebihi batas kepala.

Periksalah sekali lagi payudara kiri dan kanan anda dengan merabanya. Buatlah catatan kecil hasil pemeriksaan hari ini dan tandai kalender anda untuk pemeriksaan pada bulan berkutnya.

Jika dari pemeriksaan tersebut, anda merasa ada hal yang aneh jangan ragu untuk segera periksakan payudara anda dengan dokter.

Related Posts sesuai kategori



0 komentar:

Posting Komentar